Manfaat dan Kerugian Laptop bagi Manusia

manfaat laptop, laptop, kerugian laptop

Pada era globalisasi saat ini, banyak bermunculan teknologi-teknologi yang semakin lama semakin mutakhir, begitu juga dengan laptop. Di era globalisasi ini, laptop memiliki banyak kegunaan yang dapat meringankan tugas manusia. Bagaimana tidak? Bila pada zaman dulu kita harus bersusah payah mengetik dengan mesin ketik, kini, di masa globalisasi kita dapat dengan mudah mengetik tugas hanya dengan sebuah laptop. Saat ini laptop telah banyak dimiliki oleh masyarakat karena laptop tidak hanya diinginkan melainkan juga dibutuhkan.

Laptop memiliki manfaat yang sangat banyak. Adapun manfaat laptop bagi manusia saat ini adalah sebagai berikut :

    1.      Membantu Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Cepat
Laptop diciptakan untuk membantu aktivitas-aktivitas manusia. Laptop dapat membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat karena kemudahan dan kepraktisan dalam penggunaannya. Sebagai perbandingannya, dulu ketika seseorang mengetik menggunakan mesin ketik konvensional, jika terdapat kesalahan sedikit pun maka harus mengulang dari awal. Hal ini tentu berbeda dengan jaman sekarang dimana bila kita menggunakan laptop kita tinggal klik atau pencet tombol saja dan kesalahan pun dapat dihilangkan.

    2.      Menambah Daya Kreativitas Otak
Kita memang harus objektif, karena memang kadang kala laptop justru mematikan daya kreativitas otak, namun bila dilihat lebih cermat lagi, justru laptop inilah hasil dari kreativitas seseorang. Selain itu, dengan adanya laptop, kita bisa meningkatkan kreativitas otak kita dengan banyaknya software yang ada di laptop yang dapat kita manfaatkan untuk menggali sisi kreatif kita.

    3.      Flexibel
Laptop bisa dikatakan merupakan komputer versi praktis. Bagaimana tidak, dengan fungsi yang sama dengan komputer, laptop dapat dibawa kemana-mana yang tentunya tidak bisa dilakukan terhadap komputer.

    4.      Penyedia Lapangan Pekerjaan Baru
Penyedia lapangan pekerjaan disini memiliki makna bahwa laptop saat ini banyak dibutuhkan sehingga pasar akan merespon laptop sebagai barang yang laris manis. Berbisnis di dunia laptop sangat menggiurkan, entah sebagai pedagang, tukang service, maklar atau karyawan di perusahaan laptop itu sendiri.

    5.      Hiburan
Laptop dapat digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya adalah menonton film ataupun untuk mnedengarkan musik. Karena hal itu, laptop banyak digunakan sebagai media hiburan ketika mengalami kepenatan setelah beraktivitas. Dengan hanya bermodal internet dan laptop, kita bisa menonton video dan mendengarkan musik sepuasnya melalui aplikasi yang ada, seperti spotify, youtube, dan lain-lain.

    6.      Menambah Pengetahuan
Dengan laptop dan internet, kita bisa terhubung ke seluruh dunia. Kita dapat mengetahui berita terbaru dengan cepat. Selain itu, kita juga bisa menambah pengetahuan kita melalui blog-blog yang dapat kita akses dengan laptop.

            Itulah beberapa manfaat dari laptop yang banyak digunakan di masa globalisasi saat ini. Namun, sama dengan hal lain, laptop bagaikan pedang bermata dua. Dimana satu sisi memiliki sisi positif, disisi lain memiliki sisi negatif. Berikut adalah kerugian yang dapat diakibatkan oleh laptop :

    1.      Bisa Mengurangi Kreativitas
Dengan adanya laptop, maka semua hal sudah tersedia didalamnya. Contohnya, jika kita ingin menggambar, di laptop sudah terdapat software untuk menggambar dengan segala referensi gambaran. Bagi orang yang malas, akan cenderung menjiplak referensi tersebut dan tidak mengembangkan lagi sehingga dapat mengurangi kreativitas.

    2.      Mempengaruhi Kesehatan
Berlama-lama di laptop tidak baik untuk kesehatan. Utamanya kesehatan mata. Mata dipaksa terus melihat ke layar selama berjam-jam. Ditambahkan lagi radiasi yang diakibatkan oleh laptop membuat mata mudah iritasi.

    3.      Membuat Orang Menjadi Anti Sosial
Dengan adanya laptop, manusia semakin mudah untuk berinteraksi satu sama lain. Namun, karena kemudahan tersebut orang-orang menjadi malas keluar rumah untuk bersosialisasi. Karena dengan laptop hal tersebut dapat dilakukan tanpa keluar rumah. Hal inilah yang menyebabkan manusia menjadi anti sosial karena laptop.

    4.      Menyita Banyak Waktu
Tak bisa dipungkiri, ketika kita sudah berada di depan laptop kita tidak bisa beralih begitu saja. Baru setelah beberapa jam kita menyadari bahwa banyak waktu kita yang terbuang hanya demi melihat-lihat video tidak penting, stalking mantan, maupun aktivitas yang lain yang tidak bermanfaat.

    5.      Membuat Manusia Menjadi Malas
Dengan adanya laptop, manusia menjadi malas bergerak karena semua dapat dilakukan melalui laptop, mulai berinteraksi hingga untuk memenuhi kebutuhan hidup. Padahal, dengan malas, manusia menjadi mudah terserang penyakit.


            Itulah kerugian yang dapat disebabkan oleh laptop. Kita sebagai manusia harus bisa bersikap bijak dalam menggunakan laptop agar laptop dapat memberi manfaat dan tidak membawa kerugian bagi kita.

Share this

Previous
Next Post »